Prakata

Menjadi guru memang adalah keinginan yang banyak ditujukan oleh banyak orang. Namun hanya sedikit yang mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menjadikan karya mereka sebagai modul ajar, baik itu dalam bentuk teks atau gambar. Bagi anda yang ingin mengetahuinya, simak artikel berikut ini:

Modul yang terdiri dari beberapa bagian yaitu;

Modul yang terdiri dari beberapa bagian yaitu;

  • Bagian pendahuluan, membicarakan tentang latar belakang dan tujuan penyusunan modul ajar.

  • Bagian inti, mengupas tentang cara-cara membuat sebuah modul ajar dengan menggunakan program Microsoft Word 2007/2010/2013 atau OpenOffice Writer.

  • Bagian penutup/kemahiran, merupakan rekomendasi untuk siswa setelah menyelesaikan pelajaran sebagai bahan refleksi dan pengajaran kepada guru lainnya

Bagian pendahuluan

Bagian pendahuluan merupakan bagian yang harus diisi sebelum menulis modul ajar. Dalam hal ini, kita berkesempatan untuk memperkenalkan diri dan alamat pengiriman modul ajar agar bisa diketahui oleh peserta didik. Selain itu, juga perlu disebutkan tujuan pengiriman karya tulis ilmiah tersebut.

Bagian inti

Modul ajar adalah kumpulan materi pengajaran yang dibangunkan mengikut keperluan dan kehendak guru. Modul ajar mempunyai beberapa bagian yaitu:

  • Bagian Pendahuluan

  • Bagian Inti

  • Bagian Penutup (kemahiran)

Bagian penutup/kemahiran

Bagian ini mengandung kemahiran yang perlu dikuasai oleh siapapun yang ingin menyusun modul ajar.

Kemahiran-kemahiran ini adalah:

  • keterampilan mengawal proses pengajaran dan pembelajaran;

  • keterampilan membuat tuntutan kepada peserta didik;

  • keterampilan memilih bahan dan teknik penyampaian Informasi untuk melatih peserta didik berpikir secara kreatif, kritis dan bertindak;

Menyusun Modul Ajar

Menyusun modul ajar adalah sebuah kumpulan kandungan daripada bahan-bahan yang disusun mengikut selera dan keperluan pelajar. Modul ajar itu sendiri merupakan salah satu cabang ilmu yang dijalankan oleh guru dalam menyampaikan pengajaran kepada pelajar atau muridnya. Dalam pengajaran menerima modul ajar, yaitu setiap perintah yang diberikan oleh guru ataupun tuntutan yang dibayarnya juga tidak boleh dilupa karena modul ini membolehkan kita membuat produk sendiri untuk membantu orang lain.

Simpulan

Menyusun modul ajar merupakan salah satu tugas penting dalam proses pembelajaran. Dengan menyusun modul ajar, guru dapat membuat pembelajaran yang lebih menarik dan bermanfaat bagi peserta didik. Dengan cara ini, peserta didik akan terlibat secara aktif dalam proses belajar dan mengajar.

Untuk Teknis Lengkapnya bagaimana penyusunan Modul Ajar yang benar dan komponen-komponen apa saja yang terdapat didalamnya, dapat didownload melalui link dibawah, terima kasih semoga bermanfaat!

Link download, Buku Saku Penyusunan Perangkat Ajar (Modul Ajar)